Selasa, 24 Desember 2013

Salah jurusan?

Halo halo ho ho ho
Lama tak jumpo, postingan ini dibuat udah cukup lama sebenernya tapi baru sempet nih, kenapa? karena lagi sibuk jadi maba broo iye maba. Tau kan artinya maba? mainan baru eeeeh bukan mahasiswa baru cyiin. Jadi gini, blog ini kan emang udah nggak jelas ya fungsinya apa, jadi aku mau curhat dikit tentang proses menjadi maba sekalian mengenang tahun 2013.
Di awal bulan ini ya masih santai aja sih sebagai kelas 12 yang senior, paling ditakuti gitu mentang-mentang bedgenya merah. Kalo jalan segerombolan gitu adek kelas minggir semua haha seru juga jadi senior ternyata. Pada bulan ini, bakal ada rasa rekat banget sama temen-temen, hukum alam lah kalo udah mau pisah aja baru deket banget. Bakal banyak TO, persiapan ujian praktik, ujian sekolah, pelajaran itu cuma pelajaran IPA bagi yang IPA, IPS bagi yang IPS, dan bisa berjam-jam -___-
Nah sekitar bulan ini juga ada Kampus Expo yang diadakan oleh SMAN 11 Surabaya. acara ini khusus mendatangkan alumni yang udah kuliah di berbagai universitas buat ngasih info sekaligus bikin stand tanya jawab. Nah dari sini semua bermula. Dulu aku pengen banget masuk UA, nggak suka ITS, nggak suka fisika apalagi. Tapi hidayah turun menjadikan diri ini tergila-gila dengan ITS. Fix aku milih prodi Transportasi Laut di ITS. Peminatnya dikit, tapi yang diambil juga dikit. Cuma 9 dari SNMPTN bayangin -___-
Bulan kedua nih. Udah acak-acakan tuh rambutnya mikirin ujian praktik, SNMPTN dan tetekbengek. Bahkan nih, lebih merinding ikut ujian praktik daripada bayangin unas. Masalahnya selama ini cuma belajar teori, nah kalo disuguhi praktikum fisika? Bener-bener horor sumpah. Bagi yang bimbel, siap-siap full aja jadwalnya, TO tiap minggu. Udah bolak-balik masuk ruang BK, nanya ini itu, jurusan ini itu. Hati emang nggak bisa bohong, tetep keukeuh sama Seatrans. Ayah juga mendukung di ITS karena "katanya" prospeknya bagus, mengingat banyak temennya yang alhamdulillah lancar kerja karena emang di ITS terkenal dengan integritasnya. Akhirnya deal deh milih itu pas SNMPTN. Pas daftar, banyak ketentuan sebenernya. Disarankan nggak satu jurusan sama temennya, liat nilai juga lah apa lah. Bakal bingung di hari H daripada udah mikir jauh-jauh hari. Kecuali emang udah srek banget.
Aku kurang inget ya bulan ini ngapain aja, intinya aku udah daftar SNMPTN dan fokus ke unas. Unas nggak usah dibahas lah ya nggak penting.
Nah kan April unas tuh. Abis itu bimbelnya full buat bahas SBMPTN atau ujian tulis. Aku sama temen-temenku udah doa bareng biar diterima undangan aja nggak susah-susah tes lagi. kan kuotanya banyak 50%. Optimis deh masuk Seatrans ITS. Saking optimisnya aku melewatkan ujian masuk dengan rapor. Ada beberapa Politeknik yang pake rapor, tapi mungkin karena minatku udah di Seatrans itu jadi nggak ikut deh.
Eh udah bulan Mei aja. Berarti bulan pengumuman SNMPTN. Pas hari itu aku nggak keluar sama sekali, mantengin laptop seharian. Baru sorenya bisa dibuka dan....


Aku nangis sejadi-jadinya. Liat Twitter malah bikin nyesek. Temen-temenku banyak yang ketrima, cuma 4 temen lesku yang gagal. Sumpah itu bikin sakit hati banget. Aku nggak tau rasanya sukses undangan gimana, tapi, gagalnya itu bikin kamu jadi berubah total dan nggak jelas. Tiba-tiba kamu marah sama temen kamu, jadi nggak suka, mungkin itu semacam iri. Temen kamu enak udah nggak tes lagi, kamu masih tiap hari les, TO dan belajar. Temenku yang daftar di Politeknik pake rapor juga banyak yang ketrima. Saat itu penyesalan udah muncul. Akhirnya aku ikut daftar SBMPTN dengan jurusan yang sama, Seatrans ITS.
Bulan ini mulailah perjuangan pertamaku yaitu SBMPTN. Ingat banget dulu cek tempat di ITATS sore-sore sendirian. Udah yakin banget deh pokoknya Seatrans ITS. 2 hari tes bareng temenku, dia milih Farmasi dan dia termasuk anak pinter di kelas. Aku yakin-yakin aja dia masuk tapi dia juga udah punya cadangan di UBAYA, sedangkan aku enggak minat swasta dulu sebelum semua PTN aku coba. Disaat seperti ini, temen kamu cuma beberapa aja, karena kamu ngerasa minder, malu, jengkel, iri, semuanya. Nah aku berusaha menghindar, daripada nggak konsen sama tesku.
Bulan pengumuman lagi. Banyak yang SMS buat ngasih semangat. Inget banget pas buka pengumuman itu, sore hari mau berangkat tarawih. Dan hasilnya...........gagal lagi. Udah nggak bisa nangis karena ya sadar emang persentasenya dikit dan soalnya lumayan susah. Kelihatan raut wajah ayah yang sedikit kecewa. Tapi mencoba tegar sambil bilang, kemitraan masih ada kan? Awalnya aku seneng, nggak mikirin berapa uang yang akan dikeluarin. Tapi melihat ayah yang mikir-mikir sambil liat SPI nya. Jadi sendu dan pesimis. Akhirnya menjalani 1 bulan puasa dengan bingung nyari kuliah. Tiap ada pendaftaran apa, aku ikut. Tapi salahku aku ikut yang sesuai hatiku. Contoh dulu STAN, Poltekkes, UMD3 UA, aku nggak ikut karena nggak minat. Akhirnya pas banyak yang ketrima aku sedih, ayah nanya juga kenapa nggak ikut. Aku pikir ayah masih keukeuh kalo aku di ITS. Ternyata ayah nyuruh ikut tes di UNEMA. Sedih waktu itu karena ngerasa udah pupus bisa kuliah di ITS. Aku dan saudaraku tes disana dan ngekost 3 hari pas puasa itu. Dan hasilnya nihil juga. Aku nyoba tes di Pens ITS, bolak-balik 2 hari. Tapi gagal juga. Entah udah berapa uang pendaftaran yang harganya ratusan ribu. Akhirnya tinggal 3 kesempatan lagi di Universitas negeri, di UA, UNESA, dan ITS. UA dan ITS ini jalur D3, oke aku coba.
Yang pertama kali tes adalah ITS, aku memilih D3 Teknik Kimia, D3 Metrologi dan Instrumentasi, entah apa itu, dan D3 Teknik Sipil. Aku berpikir, ini kesempatan terakhirku masuk ITS, gimanapun caranya harus bisa. Setelah tes aku sholat di masjid ITS, berdoa, semoga aku diberi kesempatan sholat disini lagi sebagai mahasiswa. Besoknya aku mendaftar ke UA mengisi formulir dan sebagainya. Aku juga mendaftar di UNESA, jadi aku nggak seberapa memikirkan hasilku selama 2 hari. Baru hari ke 3 setelah tes ITS. Inget banget itu aku habis sahur, di SMS temenku kalau sudah bisa dibuka. Dengan gemetar luar biasa, takut ada tulisan "MAAF, ANDA TIDAK LOLOS" untuk kesekian kalinya. Setelah aku buka, ternyata...
Aku teriak-teriak, nangis-nangis, nggak tau bilang apa. Ayah antara seneng, bingung juga aku nangis. Moment yang nggak bisa dilupakan. Aku mikir, oh jadi gini rasanya diterima. Akhirnya aku bilang ke ayah kalo UA sama UNESA aku lepas karena aku udah capek tes-tes terus.
Lebaran yang membahagiakan. Selama sebulan berjuang menahan lapar, berjuang dapetin kampus buat kuliah, akhirnya terbayarkan. Bulan ini liburanku karena efektif kuliah masih Agustus akhir.
Awal masuk tapi bukan akademiknya, cuma pengenalan kampus atau biasa disebut ospek. Ospek ITS namanya Gerigi.
Seru kaaaaan!!! Itu semua jurusan jadi satu panas-panasan di lapangan....

                 
Ketiga bulan ini, udah berjalan konstan selayaknya mahasiswa. Ada saat jenuh, semangat, senang, sedih. Bareng-bareng sama temen-temen baru. Dan alhamdulillah, jurusanku sekarang nggak jauh beda sama usaha dan ilmu ayahku, jadi sekali-sekali bisa nanya ke ayah. TA ya bisa pake usaha ayah. Aku melihatnya seperti sebuah skenario :)


Nah kesimpulan disini, apapun bisa terjadi. Tuhan lebih tahu apa yang aku butuhkan. Manusia hanya bisa berencana, Tuhan yang menentukan, jadi apa salahnya mempersiapkan segala sesuatu yang tidak terduga. Aku nggak suka fisika, tapi aku masuk jurusan dengan ilmu Teknik Fisika, tapi itu hanya dilihat dari awalnya saja, untuk kedepannya? Hanya Tuhan yang tahu, aku hanya cukup berusaha dan berdoa. Jadi jangan pernah berpikir salah jurusan, karena logikanya, jurusan ada karena ada prospeknya, tergantung manusianya. Jadi, bagi adik-adik yang sebentar lagi akan menghadapi "usaha terakhirmu sebagai anak kecil" (baca: SNMPTN, UNAS, dan SBMPTN), rencana Tuhan itu surprising. Bukan bermaksud menakuti, tapi aku hanya segelintir orang yang merasakan hal semacam ini. Bersyukurlah jika tidak melewati hal sepertiku, tapi jika melewati, tetap bersyukur, rencanaNya indah kok. See you next post, I wanna cry to remember this moment, so sweet :"













15 coments:

Rafika Rachma mengatakan...

keren bangeet. inspiratif daah buat anakanak kelas 3. sukses terus mbak :) doain kita juga sukses yaa

Mas Ninda Pertiwi mengatakan...

Aku sgt terharu baca cerita mbak. Aku ninda, baru mau masuk kelas 2 sma. Aku sgt berminat dgn jurusan metrologi instrumentasi. Ada banyak hal yang aku pengen tanyakan sm mbak tentang jurusan ini, sekalian ingin menambah wawasan dan menambah teman. Kalau boleh minta kontak mbak yang bsa saya hubungi dong, sprti pin bbm atau id line. Terimakasih.

Alfianti Pirilina mengatakan...

Halo dek makasih banyak hehe amiin semoga sukses ya :)

Unknown mengatakan...

Kak, minta soalnya dongg :) kirim kesini ya kak cahyasaqti@yahoo.co.id .trims ^__^

Unknown mengatakan...

hampir sama seperti yang saya alami barusan mbak. hehehe

Unknown mengatakan...

amin . .mau coba teknil komputer its

Atna Diafahma mengatakan...

Inspiratif sekali. Kak boleh minta soalnya? Saya juga pengen ikut smits tahun ini. Ini emailnya adia.fahma@gmail.com
Semoga berkenan, terimakasih

Atna Diafahma mengatakan...

Inspiratif sekali. Kak boleh minta soalnya? Saya juga pengen ikut smits tahun ini. Ini emailnya adia.fahma@gmail.com
Semoga berkenan, terimakasih

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

mbak aku adek kelasmu di sman 11 hehe tahun ini kelas 12. mohon saran dan motivasi yaa mbaak. . aku juga pengen di seatrans its, dan sekalian pengen tau metrologi instrumen juga karena dulu pernah kepikiran di jurusan ini. emailku phoebe.laurensqi@gmail.com

Unknown mengatakan...

Hmmm, panjang banget ceritanya ya dik..
Emank jurusan D3 teknik instrumentasi dan metrologi itu apa????

12ewqsd mengatakan...

Saya juga d3 instrumentasi its hehe. Maba 2017 kwm

07_Berlian Mei Hartadi_D3 TT/3A mengatakan...

Mau tanya soal vokasi its ada yang d3 dan d4 ya?

07_Berlian Mei Hartadi_D3 TT/3A mengatakan...

Mau tanya soal vokasi its ada yang d3 dan d4 ya?

Alfianti Pirilina mengatakan...

Hai mohon maaf semua tidak membalas sejak lama. Terima kasih sudah mampir. Jika ada pertanyaan bisa email saja ke alfiantipiri@gmail.com akan saya jawab sebisanya dikarenakan sistem penerimaan di tahun saya pastinya sudah jauh berbeda dgn yg skrg. Semangat semuanya :)

Posting Komentar